Gak kalah sama luar negri, Indonesia punya tempat wisata terbaik!

Berlibur adalah salah satu hal yang sangat dinanti- nantikan semua orang. Dari Pekerja sampai pelajar, pasti semuanya sangat menantikan saat- saat dimana kita semua tidak usah pusing dengan tugas atau pekerjaan yang menumpuk karena itu semua sudah selesai dan ini adalah saatnya kita bisa me- refresh kembali otak kita dari semua itu. Bisa domestik atau internasional. Namun, sudah tak diragukan lagi, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak destinasi liburan. Indonesia memiliki banyak sekali tempat- tempat yang indah dan juga unik. Dari pantai, gunung, hutan sampai ke budaya, monumen bersejarah, kuliner, bahkan tradisi dan adat pun juga beragam.
Menurut saya, kalau disuruh untuk memilih liburan domestik atau internasional, saya akan memilih domestik. Karena Indonesia ini luas dan ada banyak sekali tempat- tempat yang belum saya kunjungi. Saya pun juga yakin bahwa tempat- tempat di Indonesia ini tidak kalah bagusnya dengan tempat- tempat lain di luar negeri. Ada bermacam- macam atraksi bagi turis di Indonesia. Ada wisata alam, wisata budaya atau sejarah, ingin bermain di taman bermain? Indonesia juga memiliki taman bermain yang tidak kalah dengan Disneyland dan juga acara adat atau tradisi yang unik di berbagai tempat.
Wisata alam biasanya adalah destinasi yang dituju oleh orang- orang yang ingin bertualang dan mencari tantangan seru saat berlibur. Dari gunung, pantai, hutan, maupun pulau, Indonesia memiliki banyak tempat bagus yang patut di kunjungi. Seperti contohnya, Gili Kedis yang berlokasi di Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mengunjungi Gili Kedis kita harus berkendara dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok, Praya ke Pelabuhan Tawun. Dari Tawun lanjutkan menyebrang dengan menyewa perahu – biayanya kurang lebih Rp.200.000 untuk 1 perahu pp. Gili Kedis ini adalah sebuah pulau terpencil yang tak berpenghuni. Beda dari Gili trawangan atau Gili Air, Gili Kedis kurang populer sehingga jika anda yang mencari ketenangan atau privasi, Gili Kedis ini adalah pulau yang cocok untuk anda. Hanya butuh 10 menit untuk mengitari seluruh pulau. Tak heran, pulau ini dinamakan dengan “Pulau Burung Pipit”. Meskipun mungil, namun pulau ini memiliki pemandangan yang bagu. Pasirnya begitu putih dengan formasi batu karang yang unik seperti kanal- kanal dengan air yang jernih. Anda bisa melihat ikan- ikan kecil yang berenang di sekitarnya.
                Tak hanya penuh dengan wisata alam, Indonesia juga memiliki banyak wisata budaya atau sejarah. Salah satunya yang paling terkenal, Candi Borobudur. Candi ini berlokasi di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hasil perkiraan para sejarawan dan ilmuwan, Candi ini dibangun sekitar tahun 800 Masehi. Candi ini dibuat selama 50 tahun oleh Wangsa Syailendra dan tujuannya adalah sebagai tempat ibadah dan ziarah. Namun karena keruntuhan Wangsa Syailendra terjadilah migrasi besar- besaran orang- orang Buddha sehingga mereka hanya memakai candi ini selama 150 tahun. Candi ini pun menjadi terbengkalai dan alam juga semakin merusaknya dan akhirnya candi ini tertimbun tanah hingga pada tahun 1814 Masehi, candi ini ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Sampai sekarang, Candi Borobudur semakin dirawat dan dijaga, juga dibuka sebagai tempat wisata. Bagi anda yang ingin menyaksikan sendiri peninggalan dari jaman dulu, Candi Borobudur ini adalah destinasi yang baik untuk anda.
                Indonesia juga memiliki taman bermain yang tak kalah menarik dengan taman bermain di negara- negara lain. Salah satunya adalah Museum Angkut. Eits, jangan tertipu dengan namannya, walaupun dinamanakan “ Museum “, namun museum yang satu ini dijamin tidak akan membosankan. Berlokasi di Jl.Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang, Museum ini memiliki lebih dari 300 jenis transportasi dari yang tradisional sampai yang modern dengan model bangunan dari benua Eropa sampai Amerika namun selain itu, Museum Angkut juga memberikan edukasi tentang penciptaan alat transportasi di dunia. Menjadi museum transportasi yang pertama di Indonesia dan di Asia yang memadukan unsur seni dan budaya, tak heran museum ini di penuhi oleh pengunjung lokal atau manca negara. Dengan harga tiket regular Rp.70.000 , anda bisa melihat dan menikmati museum yang keren ini.
            Acara adat atau tradisi di Indonesi juga banyak yang menarik dan unik. Dari arak- arak an selama 4 minggu sampai membangkitkan yang sudah meninggal, itu semua hanya terjadi di Indonesia, yang bisa anda lihat sendiri jika ingin berwisata ke Indonesia. Tradisi Ma’ nene di Toraja mungkin unik, tapi juga sangat menyeramkan. Bagaimana tidak, tradisi ini dimana orang yang sudah meninggal selama berpuluh- puluh tahun bangkit dan berjalan menuju rumahnya sendiri. Dalam tradisi ini, orang yang sudah meninggal dibangkitkan dengan semacam ilmu gaib, lalu mayat itu akan berjalan menuju rumahnya. Di sana, anak cucunya akan membungkusnya dengan kain yang baru. Setelah itu, mayat nya akan berjalan ke liang kuburnya. Namun bukan kembali ke liang kubur yang ada di dalam gua, melainkan liang kubur yang berada di semacam rumah kecil bernama patene. Ya inilah yang terjadi di tanah Toraja, jika anda hanya melihat mayat berjalan di film- film, anda bisa melihatnya secara langsung dengan mata telanjang di Toraja.

            Itulah beberapa tempat destinasi wisata yang patut anda kunjungi di Indonesia. Banyak yang unik dan menarik. Karena itu, tips dari saya adalah jika anda memang akan pergi ke tempat- tempat ini, sudah sepatutnya anda sebagai seorang wisatawan, mau yang lokal atau yang manca negara juga ikut menjaga dan melestarikannya. 😀

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram