Ayo bela negara kita!

Mau tak mau, sikap bela negara adalah suatu sikap dan kewajiban dasar yang harus kita miliki sebagai penduduk di negara kita sendiri, di tanah kelahiran kita sendiri. Jaman sekarang, ada banyak orang yang tidak mau membela negaranya sendiri dan justru malah membela negara orang lain. Namun, jika kita bisa membela negara kita, kita bisa menjadi negara yang kuat dan maju. Negara kita sendiri pun tidak akan dianggap remeh oleh negara lain. Karena itu, yuk kita belajar cara- cara agar kita bisa membela negara!


Yang pertama, dan yang paling dasar adalah Cinta tanah air. Jika ada seorang ayah yang mencintai anak nya, pasti ayah itu akan rela melakukan apapun agar anaknya bisa selalu terlindungi. Begitu juga pada negara kita, jika kita mau mencintai dan menghargai negara kita, kita juga akan mau melindungi negara kita dari semua ancaman. Cintailah negaramu! Yang kedua adalah Kesadaran berbangsa dan bernegara. Jika kita sadar bahwa kita berbangsa dan bernegara di negara ini, negara Indonesia maka kita akan bisa ikut membela negara kita karena itu adalah suatu sikap patriotisme dan nasionalisme. Ketiga, keyakinan terhadap Pancasial sebagai ideologi negara. Persatuan Indonesia, itu adalah sila ke- 3  sebagai ideologi negara ini, kita harus mengikutinya. Walaupun Indonesia itu sangat beragam, kita pun juga harus tetap bersatu dan mengesampingkan perbedaan. Lalu, yang ke- empat adalah Rela berkorban demi bangsa dan negara. Mungkin tidak dengan menjadi Tentara atau TNI, tapi kita juga bisa ikut berpartisipasi dengan hal- hal kecil seperti meningkatkan kesadaran pada lingkungan kita bahwa kita harus membela negara kita. Yang terakhir, memiliki kemampuan awal bela negara itu hampir sama seperti aspek ke- empat.


Ridwan Kamil adalah salah satu sosok yang memiliki 5 hal diatas. Sebagai seorang walikota Bandung, Ridwan Kamil sangat mencintai masyarakatnya dan dia peduli. Bukan hanya peduli pada masyarakat Bandung, namun juga pada pemuda- pemuda Indonesia yang berada di negara lain, seperti Mesir. Pada saat itu dia pergi ke Mesir untuk menyelenggarakan “Investasi Bangsa Melalui Pendidikan Berkarakter” dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa dia adalah sosok yang sangat peduli terhadap generasi muda dan masa depan bangsa ini. 

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram