5 Pembangkit Listrik yang ramah lingkungan

Ayo kenali listrik lebih lagi! 













1. Kincir angin ( PLT Angin )




- Kegunaan utama dari kincir angin adalah sebagai Pembangkit Listrik. Terutama di negri Belanda, kincir angin dapat menyalakan generator listrik kepada kota- kota di negri tersebut. Selain itu kincir angin juga bisa menjadi alternatif penggunaan bahan bakar fosil. sebagai suber energi yang dapat menggantikan gas alam dan bahan bakar minyak, maka cadangan bahan bakar fosil yang semakin menipis dapat berkurang penggunaannya. 

- Kincir angin juga mampu menjaga kebersihan lingkungan, karena kincir angin merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara sama sekali.




2. PLT Air


- PLTA adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Biasanya, ini disebut sebagai hidroelektrik.

- Bentuk utama dari pembangkit listrik ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga air. bisa dari sebuah waduk atau air terjun.

- Kelebihan PLTA ini adalah ....
  kapasitas daya keluaran PLTA lebih besar dibandingkan dengan pembangkit energi yang terbarukan.
- bendungan yang digunakan pun juga dapat digunakan untuk kegiatan lain, contohnya irigasi atau cadangn air, bahkan pariwisata.

3. PLT Surya/ matahari 
- kelebihan PLTS ini adalah dia hanya menggunakan sinar matahari, energinya tidak pernah habis juga ramah lingkungan dan hemat karena tidak memakai bahan bakar.

- namun, ia memiliki tergantungan pada cuaca..ya jelas saja karena kan hanya membutuhkan energi matahari. Juga mahal


4. PLT Sampah
Sudah terlihat dari namanya, yup, pembangkit ini terbuat dari sampah. Pembangkit listrik ada 4 cara.

1. Pemilahan sampah : sampah dipilah agar sampah yang masih dapat di daur ulang bisa dipakai. lalu sisanya dimasukkan kedalam tungku Insinerator untuk di bakar

2. Pembakaran sampah : di usahakan berjalan efektif dan aman bagi lingkungan. suhunya dipertahankan dalam derajat yang tinggi ( di atas 1300 derajat celcius )

    3. Pemanfaatan panas : hasil pembakaran sampah akan menghasilkan panas yang dapat kita manfaatkan untuk memanaskan boiler. Uapnya juga digunakan untuk memutar turbin dan selanjutnya menggerakkan generator listrik.

5. PLTP Geothermal 













-  Pembangkit listrik uap kering disalurkan melalui pipa langsung dari panas bumi untuk menggerakkan turbin generator. Pembangkit listrik geothermal pertama kali dibangun pada tahun 1904 di Tuscany, Italia dimaan uap alami memancar dari dalam Bumi.

- Ketika uap mendingin, ia mengembun menjadi air dan disuntikkan kembali ke dalam tanah untuk digunakan berulang- ulang.

- Binary cycle, mentransfer panas dari panas geothermal ke cairan lainnya. Panas itu menyebabkan cairan tsb berubah menjadi uap yang digunakan untuk menggerakan turbin generator. 




















































                                           

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram